Top Social

Resep Bakso AntiGagaL

Kamis, 18 Juni 2020

Siapa di sini yang tidak kenal dengan bakso? Pasti pada kenal dong ya. Panganan favorit sejuta umat ini memang sudah sejak lama bikin saya jatuh hati. Sejak kecil aku sangat senang kalau diajak makan ke tempat warung bakso ataupun dibawakan bakso ke rumah. Bahkan tukang bakso keliling yang sering lewat di komplek rumah pun bisa jadi incaran saya hampir setiap hari.

Bakso HomeMade Ala Saya

Saking cintanya akan bakso, saya berupaya  mencari tahu bagaimana proses pembuatan bakso tersebut. Jujur saja, saya sudah seringkali praktik membuat bakso dan bukan hanya bakso sapi saja, tetapi juga aku pernah membuat bakso ayam, bakso ayam wortel, bakso udang goreng, hingga membuat bakso tempe. Namun, belum pernah saya membuat bakso yang tingkat kekenyalannya benar-benar pas, yakni tidak terlalu lembut dan tidak terlalu keras. Menurut saya bakso yang enak itu harus benar-benar kenyal dan pas rasanya, artinya tidak terlalu asin dan tentunya harus gurih.
Oleh karenanya, saya sampai membuat semacam riset untuk memastikan bagaimana membuat bakso yang benar-benar enak. Sempat saya membuat bakso mengikuti resep dan cara dari seorang cooking influencer di instagram, namun ternyata gagal. Bakso yang saya buat sama sekali tidak kenyal, tentunya kecewa, namun saya berjanji akan mencoba membuat lagi, dengan resep yang berbeda. Pada akhirnya saya seringkali menonton berbagai video youtube tentang trik dan cara membuat bakso agar bakso menjadi kenyal, terdapat beberapa tips yang hampir sama, yakni ketika memasak bakso, saat proses mencetak bakso itu, api kompor dimatikan, jangan terus dinyalakan, setelah selesai mencetak baru nyalakan api kompor dengan ukuran api cenderung kecil, setelah bakso mengapung angkat dan langsung rendam pada air es.

Bakso yang dihasilkan kenyal

Untuk trik tentunya saya sudah mendapatkan. Saya yakin trik membuat bakso ini pasti akan berhasil. Selama ini saya memasak bakso dengan cara api terus dinyalakan saat mencetak, dan ternyata cara itu salah, cara tersebut dapat merusak struktur bakso yang kemudian dapat menyebabkan bakso menjadi tidak kenyal.


Sumber gambar merahputih.com

                Sebagai langkah lanjutan, saya harus memiliki resep paten agar bakso saya rasanya pas, yakni tidak terlalu asin dan tentunya harus gurih. Saya pun mencoba salah satu resep dari cooking influencer yang ada di instagram yakni Mbk @dhilasina. Sebelumnya, aku seringkali memasak tongseng sapi ala mbk @dhilasina ini dan rasanya benar-benar nikmat. Suami saya saja sempat berulang kali minta dimasakkan tongseng sapi, karena memang rasanya yang nikmat dan segar.
                Hingga akhirnya. Pada hari Minggu kemarin, saya membuat bakso ayam dan tentunya berhasil. Karena sudah dua minggu menanti tukang sayur langganan menjual daging sapi, namun ternyata stoknya selalu kosong, akhirnya saya mencoba membuat bakso ayam dengan sedikit dicampur tetelan sapi. Berikut resep dan cara membuat bakso ala mbk@dhilasina;


Bahan :
500 gram daging sapi / ayam (kalau saya daging ayam yang dicamour sekitar 1 ons tetelan sapi yang diiris kecil)
2 putih telur dingin (yang sudah dimasukkan kulkas)
4 siung bawang putih haluskan
4 sendok makan bawang merah goreng
150 gram es batu
8 sdm tepung tapioca merk cap tani
3 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu sapi bubuk (kalau saya pakai royco)
1,5 the merica bubuk
1 sdt baking powder

Bahan kuah (Nah kalau kuah bakso ini hasil kreasi saya ya, dijamin mantul  )
+/- 1 L air
3 potong tulang iga sapi
Bumbu yang dihaluskan :
6 siung bawang putih
2 siung bawang merah
4 sdt garam halus
2 sdt kaldu jamur
1 sdt merica
3 butir kemiri
3 helai daun sop diikat

Pelengkap :
Irisan bawang goreng
Mie kuning dan mie bihun yang telah direndam dengan air hangat dan ditiriskan
Rebusan toge dan sawi hijau (jangan terlalu lama direbus)
Saos sambal
Kecap manis
Irisan daun bawang

Cara membuat :
1.      Untuk daging ayam, fillet sampai yakin tidak ada tulang. Iris kecil tetelan sapi.
2.   Masukkan ke dalam chopper (penggiling daging) ayam dan tetelan tadi beserta es batu lalu giling hingga benar-benar halus. Jika tidak muat seluruhnya, maka bisa dibagi dua agar tidak kepenuhan.
3.    Masukkan putih telur, haluskan kembali. Kemudian masukkan bumbu lainnya, jika telah tercampur rata, masukkan tapioka.
4.  Terakhir, aduk adonan agar tercampur rata namun jangan terlalu lama karena nanti bakso bisa mengeras jika terlalu lama diaduk menggunakan tangan.
5.  Didihkan air dalam panci. Setelah mendidih, matikan api kompor. Lalu cetak bakso dengan menggunakan tangan dan sendok (teknik cetak bakso bisa dilihat di beberapa chanel youtube)
6.      Setelah semua tercetak, nyalakan api dengan ukuran api cenderung kecil.
7.   Jika bakso telah mengapung tandanya telah matang. Angkat bakso lalu ceburkan ke dalam air es beberapa saat hingga bakso dingin. Dijamin bakso yang dihasilkan akan kenyal dan rasanya pas.

Membuat Kuah :
Didihkan air, lalu masukkan iga sapi. Setelah 15 menit, masukkan bumbu halus, terakhir masukkan daun seledri. Tes rasa.

Cara menghidangkan bakso
Masukkan mie dan bihun, tambahkan sayuran, bakso yang telah disiram kuah bakso (bakso jangan terlalu lama direndam dalam kuah bakso apalagi sampai dididihkan, karena dapat membuat struktur bakso menjadi tidak kenyal lagi), beri bawang goreng dan irisan daung bawang, saos sambal, sambal, kecap dan terakhir kuah bakso yang telah dipanaskan.
Bakso siap dinikmati.

Note: Membuat bakso sendiri dengan cara menggiling daging sendiri dijamin lebih higienis daripada digiling di pasar tradisional dan tentunya rasanya jadi lebih original.


12 komentar on "Resep Bakso AntiGagaL"
  1. Resep mantul dan maknyuss πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. alhamdulillah, monggo praktek Erlis.. ☺

    BalasHapus
  3. Harus di coba ini😁

    BalasHapus
  4. Harus di coba ini😁

    BalasHapus
  5. nah ini, di rumah saya belum pernah berhasil bikin baso enak. bookmark ah, kelak kalau punya bahan2 baso tinggal nyontek resep di sini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk monggo Mas dicoba... insyaAllah mantul ini baksonya, apalagi kalo pake daging sapi bahannya... 😊😌

      Hapus
  6. Nah kenapa jadi mau makan tongseng nih. Maulah nyoba bikin baksonya biar ajak anak2 masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk monggo masak tongseng Mbk Milda.. hehe. Nanti aku boleh sesekali share resep tongseng sapi. ☺
      hayuuk Mbk dicoba bikin bakso homeMade 😍

      Hapus
  7. kalau aku bakso enak itu kuahnya enggak eneg keyik suapan pertama
    seger dan bikin nagihi

    eh tepung tapiokanya merknya pak tani juga ya mbak
    emang enak itu

    saya coba deh resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas emg enak merk Pak Tani, saya kalo bikin pempek juga pake yg merk Pak Tani,yuk monggo bikin baksonya, nti blh tuh minta foto hasil recooknya. hehe

      Hapus
  8. Aku save dulu resepnya mba :D. Kita sekeluarga pecinta bakso bangetttttt. Kadang2 asisten suamiku suka bikin bakso sendiri Krn dia jago masak memang. Dan aku sukaaa tuh kalo udh nyicipin bakso bikinan dia.

    Jd pengen belajar sbnrnya masak sendiri :D. Blm jadi2 nih Ampe skr. Tapi selama pandemi Krn aku juga sdg isolasi di rumah, jd banyak waktu sbnrnya utk nyobain resep2 baru :)

    BalasHapus