Top Social

3 Bakso Recommended Di Jakarta Barat

Kamis, 18 November 2021

            Siapa di sini yang suka makan bakso? Pasti banyak yah peminat bakso di sini. Nah, aku adalah salah satu penggemar bakso. Aku bisa saja makan bakso hampir tiap hari loh (ssst.. ini kalau bikin sendiri yah, karena hemat di kantong,hehe).


             Bakso pada awalnya merupakan kudapan yang berasal dari negeri Cina, yang kemudian diakulturasi menjadi makanan khas Indonesia. Pada awalnya bakso dibuat dengan menggunakan bahan baku daging babi yang kemudian dicampur dengan tepung aci/tepung sagu, serta bahan lainnya yang kemudian disajikan dengan kuah kaldu hangat. Namun, setelah mengalami perjalanan panjang, akhirnya bakso kemudian diakuisisi sebagai kuliner khas Indonesia yang disajikan dengan selera khas Indonesia yang kebanyakan berbahan baku daging sapi, khususnya daging sapi bagian khas.


            Saat ini, bakso sudah banyak dibuat dengan beragam varian kreasi, ada bakso isi daging ayam cincang, bakso isi telur puyuh, bakso mozzarella, bakso sapi isian seafood, bakso gepeng, bakso kuah taichan, dan masih banyak lagi. Sebagai penggemar berat bakso, tentu saja aku sangat bahagia dong sekarang, karena makan bakso nggak melulu begitu-begitu saja. Sebagai generasi 90an, zaman dulu mah kalau ngebakso ya gitu deh, bakso dicampur mie kuning+putih, kemudian dicampur kuah kaldu lalu dihidangkan dengan kuah kaldu, bawang goreng, kecap dan sambel. Nah, kalau sekarang ada beragam cara untuk menikmati bakso, bisa dibakar, ada lagi itu bakso tumpeng yang gede banget ukurannya, belum lagi cara menikmati bakso dengan menggunakan pisau makan dan garpu, bukan lagi menggunakan sendok garpu karena saking besarnya ukuran bakso, haha.


            Dulu tuh, waktu zaman aku masih suka hang out bareng teman, aku suka keliling nyobain beragam varian bakso di Yogya, tapi yang paling bikin wow itu ya pas makan bakso klenger yang ada di daerah sekitaran Gejayan (aku lupa sih alamat pastinya, yang jelas namanya itu bakso klenger). Ukuran bakso yang disajikan di sana, beneran big size! Mungkin ada itu perporsi menggunakan daging hampir 250 gram! So, ya pasti kita juga makannya pakai pisau makan dan garpu, haha! Tapi enak loh baksonya, kalau kalian ada kesempatan main ke Yogya, silahkan cicipi bakso klenger ya. Nah kalau bakso yang kusuka di Yogya itu ada juga bakso uleg yang dulu ada di Jalan Kaliurang km. 6,5 (sekitaran situ deh ya). Bakso ini maksudnya bukan bakso diuleg sama cabe terus dimakan gitu, bukaan. Tapi baksonya itu dihidangkan dengan kuah kaldu hangat, yang di mana kita bisa request mau cabe rawit ijo nya berapa, kemudian nanti diuleg dadakan gitu dan dimasukkan ke mangkok saji dan sepertinya ada juga ulegan sedikit bawang putih, kemudian nanti akan disantap beserta ketupat yang telah diiris dalam satu mangkok. Rasa bakso uleg ini seger loh, jadi agak beda memang dari penyajian bakso kebanyakan.


            Okey, aku juga ada beberapa review nih soal hidangan bakso yang ada di Jakarta Barat. Menurutku ini adalah jajaran 3 bakso terenak versi aku ya! Yuk disimak.


Baca juga Resep Bakso Anti GAGAL


1.      Bakso JWR Tanjung Duren

Aku tuh ya, kalau soal makan bakso itu banyak mikirnya kalau di Jakarta. Soalnya aku tuh maunya itu bakso beneran halal dan higienis. Nah, setelah lama mencari, akhirnya aku temukan bakso JWR ini. Awalnya sih lihat di internet yah, alhamdulillah ternyata tempat bakso ini dekat dengan rumah. Bisa lah pakai motor ke sana, sekitaran 10 menit sampai (kalau gak macet loh ya, hehe). Bakso ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI dan BPOM. 




Bakso JWR Tabjung Duren, Sumber Gambar IG Bakso JWR

Menurutku bakso ini paling enak di Jakarta Barat, karena rasa kuahnya yang otentik dan daging baksonya yang kenyal dan terasa kuah kaldu sapinya. Pilihan favoritku yakni bakso urat dengan mie sohun. Aku suka sekali karena dengan harga Rp 30.000,- kita sudah bisa menikmati semangkok bakso yang lezat. Bakso urat di bakso JWR ini yakni 8 buah bakso urat berukuran sedang yang disajikan dalam satu mangkok beserta mie, varian mienya ada mie kuning, mie bihun dan mie sohun. Pas sih menurutku dengan harga segitu, sudah bikin kita kenyang banget.


Saat Berkunjung Ke Bakso JWR Tanjung Duren


Ada juga varian bakso lain, yakni bakso telur, bakso iga dan masih banyak lagi. Nah di sana juga ada tersedia, bakso frozen, bihun tumis, pangsit goreng dan masih banyak lagi. Ada juga menu es teller dan es campur yang enak banget. Selain itu yang bikin aku tambah suka, tempatnya bersih dan pelayannya pun memakai seragam yang bersih. Menurutku sih itu catatan penting untuk para pelaku usaha kuliner, menjaga kebersihan dalam penyajian maupun tempat usaha.

 

 2.      Bakso Titoti Wonogiri Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Bakso ini juga gak kalah enak guys! Kalau kalian ke Kebon Jeruk Jakarta Barat, silahkan mampir ke outlet Bakso Titoti ya. Di sini, bakso disajikan dengan irisan kikil sapi yang diiris tipis. Kuah baksonya amat nikmat, ngaldu banget. Belum lagi, di sini juga ada label halalnya gitu di outletnya, jadi aku yakin dong jajan bakso di sini. Bakso titoti ini memang sudah terkenal outletnya di mana-mana. Ada juga sih di sekitaran Jakarta bagian lain, tidak hanya di Jakarta Barat ((Kebon Jeruk saja).



Bakso Titoti Kebon Jeruk
Photo by @MrindraMulia (www.pergikuliner.com)


Mengusung nama Wonogiri, bisa jadi memang ownernya berasal dari Wonogiri (Jawa Tengah). Bakso di daerah Wonogiri memang terkenal enak banget loh! Karena ada suatu waktu yang membuat aku pernah stay beberapa hari di sana dan mencicipi bakso Wonogiri yang memang asli enak banget. Seperti outlet bakso lainnya, di sini juga tersedia beragam varian bakso, seperti bakso urat, bakso telur, serta bakso special (dengan tahu, kikil, urat dan telur). Di sini juga disediakan nasi ayam goreng kampung, siomay ikan, dan juga mie ayam. Ada juga beragam varian minuman, seperti es campur,dan masih banyak lagi varian es yang disediakan.


Jika ke sana, outlet ini pasti selalu ramai pengunjung, apalagi weekend, wajar sih karena rasa yang ditawarkan juga enak menurutku. Untuk harga dibanderol dari harga sekitaran Rp 30.000,- . Wajib coba yah kalau kalian ke Kebon Jeruk Jakbar.

 

3.      Bakso Babat Ma’Riyo Pasar Palmerah.

Urutan ketiga bakso yang enak dan halal di Jakarta Barat menurutku adalah bakso babat Ma’Riyo. Dengan mengusung tanpa menggunakan bahan pengawet, micin, borax dan halal ini, bakso ini cukup unik menurutku dari bakso kebanyakan. Di dalam mangkok bakso yang tersaji, dilengkapi dengan potongan babat sapi (kulit sapi), kemudian disajikan dengan sedikit irisan kol. Ada juga varian bakso jamur tiram (bakso yang dicampur adonannya dengan potongan jamur tiram,yang membuat tingkat gurih bakso menjadi bertambah. 



Sumber gambar Zomato

Lokasi bakso ini ada di dekat pasar Palmerah, di dekat jalan menuju stasiun KRL Palmerah. Harga bakso di sini ekonomis menurutku, sekitar Rp 18.000,- ke atas, tergantung varian bakso yang kita pesan. Ada bakso babat, bakso jamur, bakso telur, bakso urat. Di sini tersedia juga minuman es the dan es jeruk, serta teh botol. Jangan heran yah kalau ke sini,karena terkadang kita akan dilayani kasir yang menurutku usianya kisaran anak kelas 5 Sd. Tapi menurutku Adek laki-laki ini cekatan juga jadi kasir, mungkin karena darah pengusaha sudah ada dari ayahnya (pemilik usaha bakso) yah, hehe. Pokoknya kalau kalian mampir ke Palmerah, jangan lupa cicipin bakso Ma’Riyo yah.

 

Okey, itu tadi 3 varian bakso yang nikmat, halal dan recommended versi aku di daerah sekitaran Jakarta Barat. Kalau kalian penggemar bakso, berarti kita samaan dong yah. Intinya, Indonesian Culinary itu memang enak-enak sih ya, memang jempol banget aku akui. Btw, yuk ngebakso bareng!

 

8 komentar on "3 Bakso Recommended Di Jakarta Barat"
  1. bakso babat kayaknya enak nih, di Bengkulu belum ada yang kayak gitu

    BalasHapus
  2. team bakso banget hihi. bakso emang obat deh! laper, stress obatnya bakso kalo aku wkwk

    BalasHapus
  3. Bakal aku inget2 ini rekomendasi kuliner pas lginke jakarta dan jogja... 😍

    BalasHapus
  4. Nah, nanti in sya Allah milad ke 5 Blogger Bengkulu, kita ngebakso, hehehe. semoga diberikan kemudahan yah

    BalasHapus
  5. Enak dan harganya pasti lebih mahal yah yang di Bengkulu, hehehe. Pengalaman makan bakso di jakarta sih gitu

    BalasHapus
  6. Wih jadi pengen nyobain bakso di sana,,,soalnya rata2 bakso di Bengkulu yang hits udah dicoba semua. Maklum pecinta bakso..hehe

    BalasHapus
  7. Aku catet duluuuu 😍. Aku juga penggemar bakso mbaaa. Apalagi suami yg asalnya solo .

    Dari list di atas cuma titoti yg aku pernah coba. Itu juga awal2 cobain di solo pas sedang mudik. Seneng banget pas dia akhirnya buka di cempaka putih Krn Deket Ama rumahku.

    Ntr kalo ke Jakbar, aku cobain deh yg lainnya. Kmarin itu nyobain bakso mas kumis di Slipi. Enak juga. Aku memang LBH suka bakso yg jenis ORI begini, ga kayak bakso kekinian yg diksh isi macem2. Ga doyan yg begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya masyaAllah ya Mbk... sama aku juga suka bakso Mbk... kdg aku kl lg byk waktu pasti aku suka bikin sendiri bakso di rumah. Tp kl jajan bakso jg suka.. Yuk diicip Mbk.. 💕 btw Makasih bgt Mbk udh srg BW ke blog aku.

      Hapus