Top Social

Fikes Dehasen Kota Bengkulu, Pilihan yang Tepat

Sabtu, 21 September 2019

Dalam menjalani sebuah profesi, dibutuhkan sebuah keahlian yang mumpuni dalam menjalaninya.  Apalagi profesi tersebut berkaitan dengan penawaran jasa, di mana notabene kepuasan konsumen menjadi hal yang paling utama. Berbicara tentang keahlian, tentunya hal ini tidak serta merta hadir, ada sebuah proses pembelajaran yang panjang dalam mewujudkannya. Dalam perwujudan proses pembelajaran tersebut tentunya dibutuhkan berbagai  elemen pendukung, baik secara materiil maupun nonmateriil.

                Menjadi seorang tenaga ahli kesehatan tentunya masih menjadi sebuah cita-cita yang diminati di era saat ini. Hal ini tentunya bukanlah fakta yang mengada-ngada, karena untuk saat ini, sekolah-sekolah yang menawarkan proses pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan tenaga ahli kesehatan sangat banyak diminati di Indonesia. Profesi-profesi seperti dokter, bidan, perawat, serta tenaga ahli kesehatan kian diminati.  Para pembelajar yang notabene adalah generasi penerus kian berlomba-lomba ingin mendaftar di sekolah-sekolah kesehatan, dengan harapan profesi ini memang banyak dibutuhkan di negeri ini.
            Fakta menunjukkan bahwa perekrutan tenaga ahli kesehatan memang selalu memiliki kuota berlebih dibandingkan dengan formasi lainnya. Tak ayal kondisi ini memang menjadikan salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, terkhusus bagi para ‘generasi penerus’ untuk berbondong-bondong ingin mendaftarkan diri mereka di sekolah-sekolah kesehatan.  Kondisi ini tentunya juga terjadi di Provinsi Bengkulu. Di mana, sekolah-sekolah tinggi kesehatan kian diminati dari hari ke hari.
            ---------
            Sebagai salah satu pengajar di Perguruan Tinggi, tentunya saya paham betul bagaimana seharusnya proses belajar mengajar itu harus berjalan. Seperti pernah saya singgung di awal bahwa, sebuah proses pembelajaran tidak hanya membutuhkan dukungan materiil (seperti ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, dsb) tetapi juga dukungan nonmateriil (contohnya sumber daya manusia yang expert di bidangnya). Kedua elemen tersebut tidak bisa dipisahkan, karena proses pembelajaran  membutuhkan suatu komponen yang cukup kompleks, di mana sarana-sarana pendukung tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat menciptakan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di bidangnya.

Sumber Gambar : id.foursquare.com

           
Adalah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu (FIKES Dehasen), yang merupakan salah satu fakultas kesehatan yang saya rekomendasikan untuk menjadi salah satu pilihan bagi para generasi penerus yang ingin berencana melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Tentunya rekomendasi ini beralasan, karena fikes Dehasen memiliki fasilitas yang mumpuni baik secara materiil maupun nonmateriil.
            Fikes Dehasen memiliki beragam fasilitas pendukung yang mumpuni, seperti ruang pembelajaran yang nyaman (ruangan bersih, berAC, dan didukung perlengkapan bangku, meja, serta papan tulis yang berkualitas baik) serta juga didukung oleh fasilitas laboratorium serta para pengajar yang tentunya expert di bidangnya. Para pengajar yang ada pun tidak hanya berasal dari lulusan Universitas-Universitas dalam negeri ternama, melainkan juga berasal dari lulusan Universitas yang berada di luar negeri.  Terdapat 5 dosen lulusan luar negeri, yakni Ns. Handi Rustandi, S.Kep, MAN , Ns. Dwi Wulandari, S.Kep, MAN, Ns. Mariza Afrianti, S.Kep, MAN dari Arrelano University Filipina serta Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS dari Kasetsart University. Hal inilah yang menjadi titik tolak bahwa Fikes Dehasen sangat saya rekomendasikan untuk menjadi pilihan yang tepat dalam memilih sekolah lanjutan, khususnya bagi yang ingin menjadi tenaga kesehatan yang ahli.

            Sejarah FIKES DEHASEN BENGKULU
Pada awal berdirinya pada tanggal 30 Agustus tahun 1995, Fikes Dehasen merupakan sebuah Akademi Perawatan yang bernama Karya Husada Bengkulu dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.1.1.2939. Pada tahun 2000 Akademi Keperawatan Karya Husada di akreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Jakarta dengan nilai strata B dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.2.2.00440 tanggal 3 Maret 2006. Ini merupakan pengakuan terhadap keberadaan Akademi Keperawatan Karya Husada.
Sebagai langkah lanjutan, Yayasan Dehasen berupaya mengembangkan Akademi Keperawatan Karya Husada dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen dengan SK Mendiknes NO: 82/D/0/2008 pada tanggal 3 Maret 2008. Pada tahun 2017 akhirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu Merger ke Universitas Dehasen Bengkulu dengan keluarnya Surat Keputusan Merger Universitas Dehasen Bengkulu dari Kementrian Ristek Dikti Tahun 2017.

  
Fasilitas
Adapun fasilitas yang ditawarkan sangatlah lengkap. Sebagai seorang pengajar, tentunya saya sangat menjamin bahwa belajar dengn fasilitas yang sangat lengkap seperti ini akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi sangat mengasyikkan. Beberapa fasilitas pelengkap tersebut seperti :
a.    Gedung belajar lantai 6 dengan ruang perkuliahan ber-AC
b.    Laboratorium
Fasilitas laboratorium di bagi atas 3 jenis, meliputi :
1.         Laboratorium Bahasa
2.         Laboratorium Komputer
3.         Laboratorium Kesehatan, terdiri atas :
·         Laboratorium Anak
·         Laboratorium Maternitas
·         Laboratorium gawat darurat
·         Laboratorium medikal bedah
·         Laboratorium kebutuhan dasar manusia
c.    Klinik umum
d.    Sarana olahraga
e.    Aula
f.     Hotspot gratis di setiap ruangan
g.    Perpustakaan
h.    Kantin
i.      Mushola
j.      Tempat penitipan anak
k.    Mini Market
Nah, melihat fasilitas selengkap ini, tentunya pendapat saya tentang memilih Fikes Dehasen sebagai tempat perkuliahan, tidak salah bukan? Oleh karenanya jangan sampai salah pilih ya.

  
Program Studi yang ditawarkan
Adapun program studi yang ditawarkan yakni :
1.      S1 Keperawatan
2.      S1 Kesehatan Masyarakat
3.      D3 Keperawatan
4.      Profesi Ners

Sumber Gambar : Fikes Dehasen Kota Bengkulu



Prestasi Pengajar
Para pengajar (dosen) di Fikes Dehasen Bengkulu berasal dari lulusan perguruan tinggi ternama di Indonesia dan luar negeri. Mereka tidak hanya merupakan para lulusan yang expert di bidangnya melainkan juga memiliki prestasi sebagai pengajar. Adapun prestasi para dosen tersebut yakni :

1.Ns. Desmetasari, S.Kep, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2017.

2.Fiya Diniarti, SKM, M.Kes mendapatkan  Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2017.

3.Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2018.

4. Darmawansyah, SKM, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian PDP dari Kemenristek Dikti Tahun 2018.

5.Ns. Danur Azissah Roesliana Sofais, S.Kep, M.Kes mendapatkan dana Hibah Penelitian AIPViKI tahun 2018.

6.Tahun 2019 dosen-dosen FIKes mendapatkan dana Hibah PDP dari Kemenristek Dikti, yakni atas nama Darmawansyah, SKM, M.Kes (Epid), Ns. Handi Rustandi, S.Kep, MAN, Wulandari, SKM, M.Kes, Ns. Mariza Arfianti, S.Kep, MAN, Ns. Tita Septi Handayani, S.Kep, MNS, Syami Yulianti, SST, M.Keb, Diyah Tepi Rahmawati, SST, M.Keb, Ns. Dwi Wulandari, S.Kep, MAN, dan Ns. Elsi Rahmadani, S.Kep, M.Kep.
(sumber data : FIKES Dehasen Kota       Bengkulu).

Prestasi Mahasiswa

Para mahasiswa FIKES Dehasen Bengkulu dalam acara penyambutan mahasiswa baru.
Sumber Gambar: IG FIKES Dehasen Bengkulu.

Mahasiswa FIKES Dehasen Kota Bengkulu juga memiliki segudang prestasi. Tentunya hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa saya merekomendasikan Fikes Dehasen Kota Bengkulu, karena adanya prestasi dari mahasiswa merupakan salah satu bukti bahwa para pengajar tersebut berhasil mendidik para mahasiswanya dengan baik.

Tabel Daftar Prestasi Mahasiswa
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu
NO
NAMA MAHASISWA

PRESTASI
Prodi

1
Yona  Milya
Juara II Fashion Show Dalam Peringatan Hari Kartini Di Fikes Dehasen

Juara III Fashion Show Tingkat Pelajar Dan Mahasiswa Se-Provinsi Bengkulu Di Universitas Dehasen

Juara III Solo Song Dalam Rangka Memperingati Isra Mi'raj Di Fikes Dehasen Bengkulu

Juara III Solo Song Dalam Pekan Bahasa di Universitas Dehasen Bengkulu
Diploma III Kebidanan
2
Hasnil Fadhilah
Lomba Solo Religi Dn MTQ (Juara 3) Dalam Rangka Gebyar UKMKI

Lomba Solosong (Juara 2) Dalam Acra Pekan Seni BEM Fikes Dehasen

Diploma III Kebidanan

3
Fitri Oktaviani
Juara I Fasihion Show Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini

Juara I Fashion Show Dalam Rangka Pekan Seni Bem Fikes Universitas Dehasen Bengkulu

Diploma III Kebidanan
4
Monica Bella
Lomba TDB ( tanggap darurat bencana ) tahun 2018

Diploma III Kebidanan
5
Erliantri Juwelly
Juara II Lomba MTQ Dalam Rangka Memperingati Israj Miraj Di Fikes Unived

Diploma III Kebidanan
6
Dena Ayu Dhea
Peringkat IV Peserta Pemilihan Putri Pariwisata Bengkulu Tengah Tahun 2019

Diploma III Kebidanan
7
Mutiara Salendri
Mendapatkan predikat Mahasiswa Berprestasi dalam lomba Mahasiswa Award dalam rangka memperingati Dies Natalis STIKES dan AKBID Dehasen Bengkulu yang ke-IX tahun 2017

Mendapatkan juara III lomba Badminton dalam kegiatan HIMADIKA EXPO tahun 2017

Mendapatkan juara III lomba Akustik dalam kegiatan Pensi BEM tahun 2018

Diploma III Kebidanan

8
Agus Tatik
Ranking 1 dalam pekan seni Bem Fikes Universitas Dehasen
Diploma III Kebidanan
9
Elza Karlena
Juara I lomba MTQ
juara II lomba solo song

Diploma III Kebidanan
10
Riska Milyanti

Pemenang Lomba Solo Song Tingkat Provinsi Bengkulu

Diploma III Kebidanan
11
Rara Fentari dkk

Juara 3 artikel ilmiah Dinkes propinsi

Ilmu Keperwatan (S1)
12
Leo anggara
finalis putra putri kampus
Ilmu Keperwatan (S1)

13
Yuwen centisia
Juara Favorit duta HIV AIDS
Ilmu Keperwatan (S1)

14
Gieno travolta dan selvia rahayu

Juara putra putri kampus
Ilmu Keperwatan (S1)

15
Pipit Pitasari dan Yeni Dismawati
Pemenang hibah PKM-P dari kemenristekdikti pendanaan tahun 2017 dengan judul “Therapi musik klasik untuk menurunkan tingkat  Stress pada Lansia di Panti Werdha Provinsi Bengkulu”

Keperawatan (DIII)
16
Siti Nurhasanah
Mengikuti kegiatan student exchange di University Malaysia Serawak tahun 2019

Keperawatan (DIII)

17
Angga Dwi Syaputra dkk
Pemenang Program Hibah Bina Desa (PHBD) dari Kemenristek Dikti Tahun 2017 sebesar Rp. 35.000.000,-

Kesehatan Masyarakat (S1)

18
Fadli, Amilia Yoanita dan Nova Hanipa
Pemenang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2015 dari Kopertis Wilayah II Palembang sebesar Rp.7.000.000,- dengan Judul Proposal “SNACKERS (Snack Keripik Satoimo) Tobo Kito Bumi Raflessia (Bengkulu)”.

Kesehatan Masyarakat (S1) dan Keperawatan (DIII)

19
Gita Mawar Sari (Wisudawan Terbaik Unived pada Wisuda Periode II Tahun 2019)  dkk

Pemenang Hibah PKM-M (Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat) dari Kemenristek Dikti Tahun 2017 sebesar Rp.8.000.000,-  dengan judul PKM “Pemberdayaan Masyarakat Urban Community Melalui Go Green Laboratory Sebagai Solusi Mengurangi Penyakit Degeneratif di Sukaraja.

Kesehatan Masyarakat (S1)

20
Gita Mawar Sari (Wisudawan Terbaik Unived pada Wisuda Periode II Tahun 2019)  dkk

Juara II Lomba Debat Ilmiah Dalam Rangka Diesnatalis STIKes Dehasen Bengkulu Ke-8 Tahun 2016

Kesehatan Masyarakat (S1)

21
Alex Sander
Mahasiswa Berprestasi STIKes Dehasen Bengkulu yang mewakili STIKes Dehasen dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Kopertis Wilayah II Palembang Tahun 2015
Kesehatan Masyarakat (S1)
22
Tim Prodi Kesehatan Masyarakat (S1)

Juara I Lomba Drama Musical Dalam Rangka Kegiatan Diesnatalis FIKes Universitas Dehasen Bengkulu Ke I

Kesehatan Masyarakat (S1)
23
Yogi Nurgading
Juara II Lomba Fashion Show Dalam Rangka Kegiatan Diesnatalis FIKes Universitas Dehasen Bengkulu Ke I
Kesehatan Masyarakat (S1)

24
Tim Prodi Kesehatan Masyarakat (S1)
Juara Harapan I Lomba Senam Kreatif Cuci Tangan Dalam Rangka Kegiatan Diesnatalis FIKes Universitas Dehasen Bengkulu Ke I

Kesehatan Masyarakat (S1)

Sumber : Data Fikes Dehasen Kota Bengkulu

Penyebaran Alumni
Dalam penyebaran alumni, FIKES Dehasen tentunya telah memiliki alumni yang tersebar di berbagai elemen masyarakat, baik di instansi pemerintahan maupun nonpemerintahan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan saya merekomendasikan FIKES Dehasen Bengkulu untuk menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, khususnya bagi yang berkeinginan menjadi tenaga kesehatan yang ahli. Karena salah satu elemen yang menjadi penilaian bahwa suatu institusi itu baik atau tidak, dapat dilihat juga dari penyebaran alumninya usai lulus dari institusi tersebut.

Tabel Penyebaran Alumni
No
Tempat Bekerja
Jumlah
1
Instansi Pemerintahan
30
2
Rumah Sakit Swasta
18
3
Perusahaan BUMN/BUMD
125
4
Perusahaan Swasta
10
5
PusKesehatan Masayarakat/Pustu
31
6
Klinik
115
Sumber: Data Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen 2013

Nah, dari sekian banyak keunggulan yang dimiliki oleh Fikes Dehasen Kota Bengkulu, maka jangan ragu untuk mendaftarkan diri anda. Apalagi biaya pendaftaran pun gratis, sehingga sangat memudahkan. Ditambah lagi, lokasi perkuliahan yang berada tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu (Jl Merapi Raya No 43 Kebun Tebeng Bengkulu) sehingga sangat memudahkan akses untuk menuju ke tempat tersebut. (Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp (0736) 21977 fax (0736) 20598).

Oke baiklah, sebagai kalimat penutup, saya kembali berpesan, jangan sampai salah pilih tempat perkuliahan ya, so, FIKES Dehasen adalah pilihan yang tepat. Ingat, sekali lagi, jangan sampai salah pilih. 😊


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition bersama Blogger Bengkulu dan Fikes Dehasen”









               
               
               

Post Comment
Posting Komentar