Top Social

Pelatihan Pengembangan Bisnis UMKM Kuliner

Minggu, 14 Februari 2021

 Kelas Online Pelatihan Pengembangan Bisnis UMKM Kuliner 

Melalui SkillAcademy.com By Ruang Guru



    Secara sadar atau tidak, kehidupan masyarakat Indonesia sangatlah berkaitan dengan para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Bayangkan saja, ketika pagi hari sebagian dari kita sudah terbiasa untuk kulineran dengan membeli bubur ayam, belum lagi membeli gorengan, atau lontong sayur. Belum lagi ketika ada keperluan rumah tangga yang dirasa perlu untuk dilengkapi, semisal minyak goreng, garam, atau sabun mandi, maka kita juga akan berbelanja ke warung yang ada di dekat rumah. Selain itu, ketika rambut kita serasa sudah tidak rapi, salon/barbershop di dekat komplek rumah juga tak absen kita datangi.

 

        Menurut UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), defenisi dari Usaha Mikro yakni usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha milik perorangan, sementara Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar. Usaha Menengah sendiri memiliki pengertian yaitu usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar.

        Secara sederhana, UMKM dapat didefinisikan berdasarkan pendapatan yang dihitung pertahun. Untuk Usaha Mikro merupakan suatu usaha yang dimiliki oleh seseorang dengan pendapatan bersih  pertahun di bawah Rp50 juta, jenis barang yang dijual tidaklah sama, tempat usaha tidak menetap, dan cenderung tidak melakukan administrasi keuangan secara jelas. Usaha Kecil merupakan usaha yang memiliki pendapatan bersih di bawah Rp 300 juta pertahun; tidak ikut serta dalam kegiatan ekspor/impor dan modaljuga terbatas. Sementara Usaha Menengah adalah usaha yang memiliki keuntungan bersih tidak lebih dari Rp 500 juta per bulan (dihitung tidak berdasarkan kekayaan tanah dan bangunan). Usaha Menengah telah memiliki manajemen usaha yang modern, pernah melakukan administrasi keuangan dan memberkan jaminan sosial kepada para pekerja.

Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Hal ini jelas faktanya dikarenakan menurut BPS, untuk data tahun 2020 jumlah ratio usia produktif Indonesia berada di angka 70,72 % dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 270,20 juta jiwa. Usia-usia produktif inilah yang kemudian menjadi para pelaku UMKM.

Keberadaan para pelaku usaha UMKM ini tidak dapat dipandang sebelah mata, karena keberadaan mereka inilah yang mampu mengurangi jumlah tingkat pengangguran dan imbasnya adalah mampu meningkatkan daya serap ekonomi di Indonesia.

 

UMKM di Bidang KULINER yang Menjanjikan

Usaha UMKM yang cukup digandrungi saat ini adalah UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Banyak sekali hadir bentuk-bentuk UMKM di bidang ini, seperti usaha warung tenda, usaha catering makanan, usaha minuman kekinian (minuman boba, milktea, dsb); usaha kuliner unik kekinian (aneka kreasi makanan yang dikemas menarik dan kekinian, seperti corndog ala Korea, dimsum bakar, brownies fughy, dsb); serta usaha cemilan (seperti keripik talas, keripik sukun, stik sayur, dsb); dan masih banyak lagi.

Keberadaan UMKM kuliner yang makin tinggi tingkat peminatnya, membuat daya saing di bidang ini pun menjadi semakin tinggi. Butuh banyak kemampuan untuk meningkatkan omset setiap bulannya agar mampu bertahan. Tidak hanya tingkat kreatifitas yang diperlukan dalam mengelola UMKM kuliner, namun juga dibutuhkan manajemen keuangan yang baik, teknik marketing communication  yang baik dan juga pengetahuan digital marketing yang mumpuni. Kesemua kemampuan ini harus dan wajib dimiliki sebenarnya oleh para pelaku UMKM, karena jika dikuasai dengan baik, tentunya akan menjaikdan pelabelan ‘UMKM Naik Kelas’ bisa menjadi kenyataan.

 

Upaya Peningkatan Kualitas Usaha UMKM Kuliner

Dalam upaya peningkatan kualitas usaha UMKM di bidang kuliner, tentunya dibutuhkan proses pembelajaran di dalamnya. Tentunya sulit jika para pelaku UMKM saat ini harus datang berkumpul untuk mendapatkan pembelajaran di suatu tempat, megingat saat ini kita sedang diserang wabah pandemic covid 19. Belum lagi mereka harus mengeluarkan budget yang terkadang tidak sedikit untuk satu kali pelatihan, dikarenakan biaya transportasi menuju lokasi pelatihan bisa jadi cukup tinggi. Belum lagi biaya registrasi pelatihan yang juga tinggi (yang tidak semua pelaku UMKM mampu membayar biayanya).

Oleh karenanya untuk mengatasi persoalan di atas, kelas online bagi pelaku Usaha UMKM di skillacademy.com by Ruang Guru hadir untuk dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pelaku usaha UMKM dalam meningkatkan kemampuan bisnis. Selain biaya yang dikeluarkan terjangkau, para peserta di kelas online ini juga bisa dibimbing oleh para ahli yang expert di masing-masing bidangnya.


Sumber Gambar www.skillacademy.com


 Rekomendasi Kelas Online yang Harus diikuti Bagi Pelaku UMKM, khususnya UMKM Kuliner.

      Di Skillacademy.com sendiri tentunya banyak sekali kelas yang bisa diikuti untuk mengembangkan kemampuan bisnis. Kelas-kelas yang dibuka memiliki tema-tema pelatihan yang menarik dan kekinian.


Sumber Gambar www.skillacademy.com



        Berikut adalah dua kelas yang sangat saya rekomendasikan untuk diikuti bagi para pelaku UMKM, khususnya usaha kuliner, baik bagi yang baru akan memulai atau pun yang ingin mengembangkan usahanya.

 

     Kelas Online Bisnis dan Keuangan di skillacademy.com by Ruang Guru


Sumber Gambar : www.skillacademy.com


Di kelas online UMKM skill academy  diadakan kelas belajar online bagi para pelaku usaha UMKM, dengan para pembimbing yang sangat menguasai bidangnya. Khusus untuk para pengusaha UMKM di bidang kuliner yang baru akan memulai atau yang ingin mengembangkan usahanya direkomendasikan mengikuti kelas-kelas ini, terkhusus bagi pelaku usaha UMKM di skill academy ini.

 Salah satu kelas yang recommended yakni kelas dengan kategori Bisnis dan Keuangan dengan tema kelas ‘Sukses Mengelola Keungan UMKM’. Tentunya pengetahuan skill mengelola keuangan amat penting bagi pelaku UMKM kuliner untuk mengembangkan usahanya dan agar terhindar dari mengalami kerugian. 

Di dalam kelas ini akan dibahas tuntas mengenai pembukuan, mulai dari pengenalannya, mengetahui konsep dasar akuntansi, dan juga pembukuan berbasis akrual. Tentunya kelas ini sangat baik untuk  diikuti oleh para pemilik bisnis UMKM kuliner, baik pebisnis pemula atau pun para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya. Bagi yang ingin mengetahui pembukuan dasar akuntansi atau mempelajari lebih lanjut tentang akuntansi, ataupun bagi pebisnis pemula yang memerlukan dasar dalam akuntansi pembukuan. Adapun tujuan umum dari kelas ini adalah para peserta dapat memahami dan menjelaskan tahapan pembukuan untuk mengelola UMKM yang tepat.

Instruktur pada kelas ini yakni Bernard Hasiholan, serorang Head of Finance di salah satu start up teknologi di Jakarta. Sehari-hari ia bekerja memimpin 4 tim,yaitu tim Finance, Accounting, Tax dan Investor Relations & Legal. Dunia akuntansi sudah ia geluti sejak ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan akuntansi. Selain itu, Bernard juga memiliki sertifikat Professional Financial Modeller di tahun 2016.

Topik yang dibahas dalam kelas ini yakni pengenalan pembukuan, pembukuan berbasis kas, konsep dasar akuntansi, pembukuan berbasis akrual, Summary, serta Self Assesment. Nah sebelum memulai kelas, terdapat course overview dalam bentuk video dan diadakan midtest bagi peserta. Kemudian setelah berlangsung setiap materinya terdapat midtest pada masing-masing materi (tentunya hal ini dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta terkait materi yang telah dipelajari). Seusai seluruh materi dan tes dilangsungkan juga akan ada ujian akhirnya.

Para peserta akan mendapatkan 6 video pembelajaran, sertifikat, serta dua dokumen. Selain itu ada bonus tambahannya, yakni bisa mengikuti career mentoring untuk mendapatkan panduan membuat CV, menyusun profil LinkedIn, menulis surat lamaran dan cara menghadapi interview. Kelas ini sendiri mendapatkan ulasan User 4.9 dari 4560, recommended banget kan!

Nah, untuk biaya mengikuti kelas ini, kita hanya perlu membayar Rp 150.000,- , di mana kelas ini sebenarnya dibanderol dengan harga Rp 500.000,- . Jika kita mendaftar sekarang juga, maka akan mendapatkan potonngan tersebut. Jadi menurut saya worth it banget dong ya!, dengan harga segitu kita bisa dibimbing oleh orang professional dan mendapatkan banyak manfaat tentunya. Karena urusan kemampuan mengelola keuangan dengan baik, merupakan kewajiban nomor satu yang harus dimiliki oleh para pengusaha UMKM kuliner.

 

-          Kelas Online 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Anda

Nah, untuk kelas bisnis yang satu ini juga sangat recommended diikuti oleh para pelaku bisnis UMKM kuliner. Karena seiring perkembangan zaman, kemampuan memasarkan produk melalui perangkat digital amat diperlukan. Pada kelas ini, peserta akan diajak untuk melihat potensi digital marketing untuk entrepreneur dan pelaku bisnis. Di sini akan dipelajari tentang perbedaan offline dan digital marketing, mulai dampaknya, biayanya serta orang yang terlibat. Instruktur akan mengajak para peserta untuk melakukan target audience dan menerapkan berbagai platform digital marketing untuk bisnis. Dengan mengidentifikasi masing-masing platform sebagai media digital marketing, maka diharapkan para pelaku UMKM mampu menentukan sendiri platform dan chanel marketing mana yang cocok untuk bisnisnya.

        Kelas ini dipandu oleh instruktur bernama Rama Dhonanto, di mana ia telah aktif dalam dunia digital marketing selama lebih dari lima tahun. Saat ini, ia menjabat sebagai CEO dari perusahaan digital agency, Heroleads Indonesia. Latar belakangnya sebagai digital marketer membuatnya banyak membantu perusahaan dari berbagai sektor untuk menangani masalah periklanan. Ia juga pernah bertugassebagai mentor, penasihat dan dosen tamu di beberapa universitas serta peusahaan digital terkemuka di Indonesia dalam hal marketing.

        Kelas ini mendapatkan review 5 dari 50.000 peserta (wow banget kan ya!). Di kelas ini juga terdapat 17 video, pembelajaran, exam, 2 dokmen dan sertifikat. Untuk mengikuti kelas ini, kita hanya harus membayar uang sebesar Rp 213.000 (kita bisa hemat Rp.767.000,- loh jika daftar sekarang). 

Nah, menurut saya untuk kelas yang dipandu instruktur sekeren dan seexpert ini, dengan bayaran sebesar itu sangat-sangat worth it loh! Bayangkan dengan hanya membayar dengan besaran uang tersebut, kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan terkait digital marketing. Bagi usaha UMKM Kuliner tentunya ini penting sekali, karena zaman sekarang konsumen terkadang memutuskan untuk membeli produk kuliner berdasarkan review dan iklan yang ada di dunia digital.

 

Dengan berkembang pesatnya usaha UMKM kuliner di Indonesia, tentunya membuat para pelaku usaha ini harus mampu bersaing dengan baik. Masih banyak sekali kelas-kelas terkait pengembangan usaha UMKM recommended lainnya yang dapat diikuti di skillacademy.com by Ruang Guru. Untuk saat ini tentunya, siapa pelaku usaha yang memiliki kemampuan, itulah yang akan bertahan.

 

 

 

Sumber Referensi :

Maulida,Sri https://www.researchgate.net/publication/322538819_Peluang_dan_Tantangan_Pengembangan_Usaha_Mikro_Kecil_Menengah_UMKM_Dari_Berbagai_Aspek_Ekonomi/link/600fd64c299bf14088c0caec/download

https://setkab.go.id/hasil-sensus-penduduk-2020-bps-meski-lambat-ada-pergeseran-penduduk-antarpulau/

https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-kepanjangan-umkm-beserta-jenis-dan-contohnya-kln.html?page=2

https://skillacademy.com/

 

19 komentar on "Pelatihan Pengembangan Bisnis UMKM Kuliner"
  1. Wah kalo ada UMKM kuliner mau dipromoin lewat kanal video aku, boleh banget dikabarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke siap Mbk.. pasti aku kabarin.. Aku jg suka loh ngikutin kanal youtube Mbk.. ☺

      Hapus
  2. Lumayan terjangkau ya biaya kursus di Skill Acaddemic, apa lagi setelah belajar ada follow up ilmunya, bener-bener menguntungkan ya....

    BalasHapus
  3. Untuk membangun bisnis aja kita perlu ilmu ya.. boleh nih ikut kelas ini di skill academy biar bisnis makin lancar dan Untung hehe..

    BalasHapus
  4. Cocok banget buat pelaku UMKM. Semoga makin berdaya nih temen-temen UMKM, produknya makin dikenal & disukai pasar, laris manis laris manis :))

    BalasHapus
  5. Upgrade skill baru buat bisnis kedepannya emang wajib yahh

    BalasHapus
  6. Ada diskonnya juga? Lumayan banget untuk ambil kelas lain. Perlu banget lah ya untuk pelaku UMKM upgrade skill biar ga bingung caranya promosi online, dll.

    BalasHapus
  7. Nah, pelatihan seperti ini yang dibutuhkan agar UKM melejit, biar UKM ga stagnan dan terus move on ditengah ketatnya persaingan usaha

    BalasHapus
  8. Sekali daftar kelas, brrti kayak dikasih modul gitu ya kak?? Jd kita ttp bisa baca2 next time y??

    BalasHapus
  9. setelah ikutan skill academy auto bisa mulai bisnis umkm ya kak yu, kemaren aku juga ambil materi yang ini

    BalasHapus
  10. Kayaknya aku perlu nih merekomendasiim skill academy ke keluargaku yang pegiat UMKM. Pasti dia suka dan puas belajar disini

    BalasHapus
  11. Keren ya skill academy. Ada pelatihan buat UMKM juga.

    BalasHapus
  12. Keren bangt skill academy. Ini pasti nge bantu bangt UMKM di indonesia

    BalasHapus
  13. Skill academy emang jawaban atas doa” pejuang UMKM, ngebantu banget!

    BalasHapus
  14. Kalau aku pengen belajar pelatihan lain adakan mbak?

    BalasHapus
  15. Bagus ya skill Academy bisa support dan bersinergi dengan UMKM karena emang penting buat taklukan digitalisasi

    BalasHapus
  16. Banyak banget ya materi di Skill Academy ini, tinggal pilih sesuai kemauan kita.

    BalasHapus
  17. Banyak diskonnya juga yaa, jenis kursus juga banyak banget...

    BalasHapus
  18. Skill academy ini menyediakan paket hemat untuk upgrade skill umkm ya yue. Secara saat pandemi perlu banget strategi biar usaha tetap jalan

    BalasHapus