Top Social

Bersepeda ke Kawasan Sudirman Jakarta

Kamis, 16 September 2021

             Bersepeda sudah menjadi trend baru di masa pandemi. Adanya slogan ‘jaga imun dan iman’ menjadikan trend olah raga sepeda menjadi digandrungi. Bersepeda dipercaya dapat menjadikan imun kita menjadi meningkat. Selain bisa  menyehatkan fisik, bersepeda bersama dapat membuat kita menjadi bahagia.

 

Bersepeda, Salah Satu Olahraga yang Tepat Menjadi Pilihan.

            Banyak teman-temanku yang bertanya, “Memangnya kamu kuat bersepeda? Kamu kan pernah patah tulang kaki?.” Ya sebenarnya aku sendiri tadinya ragu untuk bersepeda, tetapi semenjak aku kontrol kesehatan tulangku di dokter Orthopedi pascalebaran tahun ini, justru aku wajib rajin olahraga sepeda untuk menjaga kesehatan tulang. Ibaratnya kata Dokter, kaki harus sering digerakkan agar tidak kaku, tapi jangan berolahraga dengan membebankan bobot tubuh pada kaki. Kalau memilih olahraga jalan santai, justru itu salah, dikarenakan beban tubuh terpaku di bagian kaki, sementara kaki yang pernah mengalami patah tulang sudah tak kuat lagi seperti sedia kala. Maka olahraga yang tepat adalah dengan rajin bersepeda. Jika tulang kaki dibiarkan saja, jarang digerakkan, maka akan kaku dan menyebabkan sakit. Bisa jadi kaki tak bisa jalan kembali dikarenakan adanya aus pada tulang rawan yang disebabkan salah satunya adalah adanya cidera tulang atau cidera sendi (osteoarthritis).


Baca juga  Staycation di YelloHotel Harmony, Jakarta


Bersepeda Bukan Hanya Sekedar Mengikuti Trend

            Niat bersepeda tentunya bukanlah sekedar mengikuti trend, lebih kepada ingin menjaga kesehatan. Jika niat kita hanya mengikuti trend, maka kita akan malas berolah raga sepeda, hanya sekedar ikut-ikutan saja, usai trend, ya sudah, usailah semangat kita.

            Tentunya pemilihan sepeda yang nyaman dapat menjadikan olahraga bersepeda kita menjadi nyaman juga. Pilihlah sepeda sesuai dengan budget yang kita miliki. Pilih juga merk yang sudah teruji kualitasnya, selain itu track record perusahaan tempat sepeda tersebut diproduksi juga harus diperhatikan. Hal ini untuk mencegah kita dari banyaknya oknum yang seringkali menjual sepeda tidak original ataupun menjual sepeda dengan cara tak jujur. Alangkah baiknya juga membeli sepeda di tempat yang memiliki garansi resmi, sehingga jika terjadi kerusakan atau permasalahan terkait sepeda dapat segera melakukan komplain.

            Oh ya, aku membeli sepeda lipat tipe Nigma merk United. Hal ini didasari karena perusahaan United merupakan perusahaan produsen lokal yang sudah melakukan ekspor sepeda ke luar negeri. Selain itu, merk united juga sudah tidak diragukan lagi di kalangan pecinta sepeda. Kenyamanan sepeda sangat terasa saat dipakai, selain itu, mode desain sepeda yang dikeluarkan united sangatlah modis dan berkarakter, kekinian bangetlah pokoknya.

Berfoto di Depan Davinci PentHouse Kawasan Sudirman


            Sepeda lipat nigma united tersebut aku beli di distributor resmi united di Toko Sepeda 3 Saudara Kedoya, Jakarta Barat. Pilihanku jatuh pada toko ini, dikarenakan pemilik Toko Sepeda tersebut amat ramah saat ditanya seputar sepeda. Di toko ini menjual beragam jenis merk sepeda, seperti genio, pacific, revel, united dan masih banyak lagi. Koh YungYung selaku pemilik toko sepeda sangat ramah menjelaskan tentang kekurangan dan kelebihan sepeda berbagai merk yang ia jual, sehingga saya jatuh hati pada sepeda united nigma goldblack. Nah untuk kalian yang mau beli sepeda, saya sangat merekomendasikan toko ini ya. Bisa dilihat alamatnya di googlemap loh.

 

Bersepeda Santai Bersama Teman di Minggu Pagi

            Pada hari Minggu lalu, tanggal 9 September 2021 aku bersama teman-temanku (Mbk Whidya dan Mbak Fatimah) pergi bersepeda santai ke arah Sudirman, Jakarta Pusat. Kami start dari rumah sekitar jam tujuh pagi. Kami bertolak dari Palmerah, Jakarta Barat menuju ke arah Bendungan Ilir melalui arah Petamburan, kemudian belok ke arah kanan. Tiba di Bendungan Ilir, kami mampir sebentar di Bopet Mini (RM. PADANG). Di sana sudah mengantri beberapa orang membeli sarapan pagi. Bopet Mini terletak di samping RM. Padang SEDERHANA, tetapi antrian Bopet Mini terlihat lebih panjang dan ramai dibandingkan RM. Padang Sederhana.

Sepeda berposebersama Patung Jend.Soedirman
di Kawasan Sudirman, Jakpus


            Di RM Bopet Mini tersedia beragam menu sarapan pagi, seperti lupis Padang, bubur kampiun, lontong sayur, sala lauk, sate Padang dan masih banyak lagi yang lainnya. Aku memesan lupis Padang dan Bubur Kampiun saja,sementara dua orang temanku juga memesan menu yang sama ditambah lontong Padang. Mereka berdua membawa tas tambahan untuk meletakkan makanan. Sementara aku hanya membawa tas HP kecil saja, alhasil, lupis dan bubur kampiun yang aku pesan digantung di sepeda menggunakan plastik. Walau terlihat kurang keren, tapi yasudahlah, haha (Lain kali, jika ingin bersepeda agar membawa tas tambahan ya, baik ransel atau pun tas lainnya, kali-kali mau memberli jajanan saat bersepeda, wkwk).

 

Ramainya RM.Bopet Mini Bendungan Ilir;
sudah beroperasi sejak tahun 1982 dan tidak buka cabang

Tiba di Jalan Sudirman

            Kawasan Sudirman merupakan kawasan pusat bisnis di Jakarta (SCBD). Pada hari Minggu sebelum PPKM tiba, kawasan ini digunakan sebagai sarana tempat berolahraga (car free day).

Wefie di depan Davinci PentHouse Sudirman
Tengah (Mbk Whidya), Kanan (Mbak Fatimah), aku (paling kicik, hehe)


            Sejak PPKM diturunkan levelnya, kawasan ini sudah bisa digunakan kembali sebagai kawasan olahraga santai. Banyak sekali pemandangan-pemandangan menarik di kawasan ini. Terkesan mewah dan artistik kawasan Sudirman, terlebih udara masih segar jika berolah raga di sekitaran kawasan ini di pagi hari. Ada beragam bunga hias ditanam,menabah kecantikan kawasan Sudirman, ada juga beberapa bangunan unik yang membuat kawasan ini tambah menarik.

Tanaman Unik di Kawasan Sudirman
Buahnya Menempel di Batang Pohon dan Berwarna Cantik


            Banyak spot foto menarik di kawasan ini. Bukan hanya kami bertiga yang berfoto dan bersepeda, tetapi masih banyak juga yang lainnya. Ada juga yang jogging dan jalan santai. Bagi kalian yang mengunjungi Jakarta di suatu waktu nanti, jangan lupa untuk berolahraga pagi di kawasan ini ya! Very recommended.

Salah satu gedung di Kawasan Sudirman


 

Trip Kembali Menuju Ke Rumah

            Usai dari Sudirman, kami melewati area Thamrin City dekat Bundaran HI, kemudian menyusuri Kantor Pajak Tanah Abang dan menuju kawasan Slipi. Kemudian kami kembali ke Kemanggisan dan menuju ke rumah di Jalan Palmerah. Jika ditotal, kami bersepeda hari Minggu lalu sekitar 3 jam. 

Paling recommended
Bubur Kampiun Bopet Mini Benhil (Bendungan Ilir)


    Saat pulang, aku mencicipi bubur kampiun dan lupis Padang Bopet Mini, hmmm rasanya yummy, apalagi bubur kampiunnya, very recommended!. Buat teman-teman sekalian, jangan lupa olahraga ya dan jangan lupa bahagia. Semangat!

 

 

 

 

11 komentar on "Bersepeda ke Kawasan Sudirman Jakarta"
  1. Duh, aku dah jarang sepedaan lagi semenjak pandemi... Pengen jugalah nanti sepedaan lagi

    BalasHapus
  2. Saya juga suka bersepeda 😊 Biasanya gowes akhir pekan.

    BalasHapus
  3. Krn bopet mini memang jauuuuuuh lebih enak dari sederhana yg rasanya suka keasinan :D. Ih udh lama banget aku ga ke bopet mini mba. Kangen juga Ama kampiun nya. Krn lumayan jauh sih, dan aku masih ragu kalo tempatnya tetep rame hahahah. Ntr kapan2 mau pesen dari gofood aja kalo ada.

    Suamiku termasuk yg tergila2 Ama sepeda jadinya. Dia udh nawarin beliin aku juga, tapi aku tolak 😁. Aku rutin olahraga, tapi lebih suka olahraga indoor yg kayak yoga,ATO aerobik mba. Kalo sepedaan kayaknya ga cocok buatku :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ayook Mbk ke BopetMini.. Ntar kita ketemuan 💕 sepedaan enak loh Mbk, seru pisan.. thanks dah bw Mbk Fanny 💕

      Hapus
  4. baiklah, ini nih yang katany gak sehat, benar gak sih habis olahraga llau kita jajan banyak karena badan laoar dan capek, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe. may be Mbk.. tp aku marm seporsi itu bareng suami loh.. hihi #ngeles

      Hapus
  5. udah lama gak ke jakarta, sepi asik kayak bisa sepedaan, mantap jakarta juga bisa dieksplore dengan keluarga, moga deh akhir tahun bisa going ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Monggo Mbk.. ntar kabarin yaah. sapatau bisa meet up bareng kaann.. 💕

      Hapus
  6. Seru ya mbak bisa bersepeda di kawasan Sudirman. Olahraga sekalian cuci mata. Hehe

    BalasHapus
  7. Wah udah lama banget aku ga ke Sudirman.
    Biasanya suka CFD-an disitu, rela deh naik commuter line dari Jaktim hanya demi jalan santai, padahal di Jaktim juga ada spot CFD-an, haahaa

    BalasHapus